Wasir ( Hemoroid )

Selamat datang di toko herbal qnc jelly gamat

Pengertian Wasir (Hemoroid)

Wasir atau Ambeien adalah pelebaran pembuluh darah vena pada bagian dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna akibat kerusakan pada katup vena. Biasa diderita pada orang yang sering mengalami konstipasi (BAB keras) dan kebiasaan meneran atau orang dengan pekerjaan yang banyak menggunakanotot perut dan terjadi peningkatan tekanan dalam perut yang lama

pengobatan-alami-ambeien

Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.

Wasir atau hemoroid adalah penyakit yang umum terjadi. Pada usia 50 tahun, hampir setengah orang dewasa menderita gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan. Ini bisa menandakan munculnya hemoroid.

Jenis – jenis Penyakit Wasir atau Ambeien (Hemoroid)

Secara Medis, penyakit ambeien ini terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Ambeien Luar

Terjadi di bawah kulit, tepat di luar pembukaan dubur. Ambeien luar biasanya akan menyebabkan sakit dan rasa gata-gatal di sekitar anus, terutama saat Buang Air Besar (BAB). Ambeien jenis ini agak lembut apabila disentuh atau dipegang dengan tangan. Biasanya berbentuk bulat, berwarna ungu dan kadang juga berwarna kemerah-merahan.

obat-wasir-berdarah

  • Ambeien Dalam

Wasir jenis ini terjadi di bagian dalam rektum. Seringkali wasir jenis ini tidak sakit. Penderita wasir jenis ini hanya akan menyadari masalah yang menimpanya bila ada darah yang keluar dari duburnya.

Beberapa pasien mengalami wasir dan luka (anal fissures) sementara setengahnya hanya menderita akibat anal fissures tersebut. Thrombotic haemorrhoids (jika darah di dalam saluran venus yang membengkak ini menjadi beku), pasien mungkin akan mengalami pendarahan (tidak peduli apakah wasir dari jenis internal atau eksternal). Sakit yang dialami oleh penderita thrombotic haemorrhoids ini sering menjadi semakin parah bila adanya pertambahan tekanan (misalnya bila batuk).

Kebiasaan tanda-tanda awal itu sewaktu kita mengejan ataupun memberi tekanan saat buang air besar. sehingga rasa sangat sakit ketika akan keluar. Jadi, penyakit ambeien ini adalah pembengkakan sel-sel pada lapisan saluran dubur tersebut. Jadi, ketika sudah membengkak, tinja akan bergesekan dengan ambeien ini. Jadi, memang terasa sangat sakit dan perih

Gejala wasir internal (wasir dalam) dikategorikan menjadi 4 tingkatan dengan keluhan yang khas dan penanganan yang masih bisa dilakukan pada tiap tingkatan tahap gejala :

  • Stage 1 = BAB berdarah/ disertai tetesan darah merah segar saat BAB. Biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil . Penanganan bisa diberikan dengan pola makan dan obat topikal, suppositoria maupun minum.
  • Stage 2 = Terdapat benjolan yang keluar tiap BAB namun bisa masuk sendiri setiap berhenti meneran tanpa perlu tindakan khusus. Penanganan yang diberikan adalah dengan diberikan obat minum untuk mengurangi pembengkakan dan perubahan pola makan serta hidup sehat.
  • Stage 3 – Benjolan akan keluar saat meneran dan Membutuhkan tindakan pemasukkan benjolan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk secara otomatis . Terdapat rasa nyeri pada saat BAB dan meneran, duduk dll. Dibutuhkan tindakan operatif.
  • Stage 4 = Terdapat benjolan keluar , nyeri yang sangat dan berdarah serta tidak bisa didorong kembali. Membutuhkan tindakan operatif.

Tahapan Ambeien

tahapan-ambeien

Wasir atau Ambeien ini terdiri dari 4 tahapan fase atau stadium, jika ada tanda-tanda seperti berikut ini, maka segeralah mengambil tindakan pengobatan untuk menghindari semakin parah.

  • Stadium 1

Terjadi perdarahan dan bengkak menonjol keluar di daerah sekitar anus.

  • Stadium 2

Padafase ini terjadi karena gerakan usus, pembengkakan akan keluar tetapi secara spontan akan masuk kembali ke dalam anus

  • Stadium 3

Kondisi yang sama seperti tingkat dua, tapi bengkak tersebut akan hanya berada di dalam setelah ditolak masuk secara fisik, benjolan keluar dari dubur, tetapi bisa masuk kembali ke dalam anus tanpa menggunakan bantuan tangan.

  • Stadium 4

Saat BAB akan bercampur darah yang pekat, hal ini menyebabkan rasa sakit dan susah untuk mengejan. Ambeyen akan berada di luar daerah dubur. Ini terjadi karena tumpukan akan bergabung menjadi membesar menyebabkan tidak ada ruang lagi didalam untuknya, ini menyebabkan ia mencuat keluar. Pada fase ini biasanya penderita sering dianjurkan untuk melakukan operasi wasir.

Penyebab Kemunculan Wasir (Hemoroid)

Penyakit Wasir (Hemoroidini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.Peningkatan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar.

Konstipasi menjadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid:

  1. Sering mengangkat benda berat secara rutin.
  2. Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah.
  3. Batuk terus menerus atau sering muntah.
  4. Kelebihan berat badan.
  5. Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.
  6. Sering duduk dalam waktu lama.
  7. Sedang hamil.
  8. Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse).

Gejala Ambeien dan ciri-cirinya

Ciri-ciri Wasir atau ambeien yang paling sering muncul adalah :

  1. Rasa sakit yang berdenyut-denyut, rasa gatal pada anus.
  2. Rasa panas di sekitar anus, terutama setelah buang air besar.
  3. Terjadi pendarahan saat buang air besar, kadang terasa sakit kadang tidak.
  4. Sukar untuk membuang air besar dan rasa tidak nyaman pada bagian dubur ketika berdiri lama.
  5. Kesakitan pada bagian dubur menyebabkan penderita akan mengalami perubahan di dalam pola buang air besar.
  6. Darah menetes dan tersembur keluar dari saluran dubur.
  7. Selama perdarahan ini, penderita ambeien itu bisa mengalami kekurangan darah.
  8. Ada yang tidak mengalami perdarahan, tetapi biasanya terjadi pembengkakan pada dubur.

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah Dan Mengobati Wasir

Membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya sangat disarankan. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:

  • Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan berat badan.
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

Itulah ringkasan singkat mengenai wasir ,semoga bermanfaat .

Baca Juga : Pengobatan Herbal Pada Wasir (ambeien)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s