Benjolan Di Ketiak

Selamat datang kembali Di toko Herbal QnC Jelly Gamat

Setelah kemarin membahas artikel tentang Alergi Kulit dan cara Pengobatannya kali ini kami akan menyampaikan artikel mengenai Benjolan Di Ketiak.

Sekilas tentang Benjolan Di Ketiak

Benjolan di ketiak umumnya terjadi akibat membesarnya (bengkak) kelenjar getah bening yang terletak di ketiak kanan ataupun kiri. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem limfatik yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi, tetapi juga dapat mengalami pertumbuhan abnormal seperti kanker. Itulah sebabnya mengapa pembesaran getah bening menjadi tanda adanya proses infeksi, atau suatu keganasan (kanker).

benjolan-di-ketiak

Benjolan di ketiak juga dapat berasal dari skin tag (sejenis kutil) di permukaan kulit yang terus bergesekan dengan pakaian. Kondisi ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus. Selain itu, terdapat penyebab lain dari benjolan di ketiak, yaitu akibat infeksi bakteri, kista, iritasi, atau alergi akibat penggunaan deodoran atau alat cukur.

Meski umumnya tidak berbahaya, namun benjolan ini juga bisa berupa gejala penyakit serius. Segera periksakan diri jika benjolan tidak kunjung mengecil atau justru terasa sakit. Pada kasus tertentu, benjolan dapat menjadi indikasi kondisi yang lebih serius, seperti:

  • Reaksi negatif terhadap vaksinasi.
  • Infeksi virus.
  • Fibroadenoma atau pertumbuhan abnormal jaringan fibrosa, namun tidak bersifat kanker.
  • Kanker payudara.
  • Limfoma: kanker sistem getah bening.
  • Leukemia: kanker darah pada sumsum tulang.

Untuk mengetahui apa saja penyebab dan gejala benjolan itu, mari kita simak berikut ini.

 Jenis Penyebab dan Gejala Benjolan Di Ketiak

  • Infeksi Bakteri

Bisa terjadi secara lokal pada ketiak karena bakteri masuk melalui pori-pori dan folikel rambut misalnya setelah menggaruk-garuk ketiak atau mencabuti bulu ketiak dengan tidak memperhatikan kebersihan. Jika hal ini dibiarkan, akan berlanjut menjadi infeksi yang menyakitkan yang dapat menyebabkan abses (kumpulan nanah) badanpun menjadi panas dingin. Infeksi bakteri ini dapat diobati dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Dalam beberapa kasus contohnya ketika terjadi abses maka diperlukan prosedur operasi kecil untuk mengeluarkan nanah. Bisa juga terjadi akibat infeksi yang terjadi di bagian distal dari ketiak (bagian tubuh dengan sistem limfatik ke arah ketiak), misalnya ada koreng atau luka terinfeksi pada lengan atas, bawah, atau tangan maka akan menyebabkan benjolan pada ketiak karena kelenjar getah beningnya membesar.

  • Infeksi Virus

Terjadinya benjolan pada ketiak karena infeksi virus bisa menjadi masalah yang serius sehingga memerlukan penanganan dari pihak medis yang profesional. Biasanya virus yang menyerang adalah HI/AIDS, infeksi mononukleosis, herpers, dan cacar. Virus tersebut bisa membuat benjolan di ketiak bahkan hingga membuat rasa sakit.

  • Vaksinasi

Kita seringkali mendapatkan vaksin saat kita membutuhkannya untuk kekebalan terhadap suatu penyakit. Akan tetapi vaksin tersebut ternyata bisa mengakibatkan alergi yang bisa menumbuhkan benjolan di ketiak. Benjolan ini bukan benjolan biasa, bila bila ditekan benjolan akan terasa sakit. Terkadang saat tidak ditekanpun juga terasa sakit. Sebagian besar vaksin yang mengakibatkan alergi ini adalah vaksin gondong, tipus, vaksin cacar, vaksin cacar, dan vaksin rubella. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk masalah vaksin ini.

  • Reaksi Alergi

Reaksi alergi terhadap yodium , penisilin , sulfa dan obat-obatan lainnya juga dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu vaksin tifoid dan Cacar diketahui juga dapat menyebabkan reaksi ini. Walau kenyataannya memang sulit menentukan apa sebenarnya yang menjadi alergen (penyebab alergi). Namun jika telah teridentifikasi, tinggal distop bengkak atau benjolan pun akan mereda.

  • Kista

Kista merupakan benjolan yang muncul pada kulit ketiak karena disebabkan oleh rambut ketiak yang tumbuh kedalam dan bisa juga karena menggunakan antiperspirant. Penyakit Kista ini sering menyerang remaja yang baru mulai mencukur rambut ketiak. Penyakit kista ini bisa dibilang penyakit sepele dan tidak sampai memerlukan tindakan medis yang berlebihan apalagi sampai masuk UGD.

  • Lipoma

Seringkali ditemukan pada orang dewasa. Pada dasarnya, benjolan ini merupakan deposit lemak antara kulit dan otot. Benjolan di ketiak ini tidak sakit. Lipoma biasanya akan dibuang melalui operasi, sedot lemak, atau suntikan steroid apabila mengganggu penampilan ataupun kenyamanan.

  • Kanker

Untuk para wanita, benjolan muncul di ketiak jangan dianggap remeh. Kanker payudara bisa menjadi penyebab terjadinya benjolan di ketiak. Biasanya hal ini ditandai dengan pertumbuhan tidak normal jaringan payudara wanita yang bisa menyebar di ketiak. Banyak bentuk kanker yang menjadi penyebab dari benjolan ini.

  • Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketek dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, yang terkadang dapat menjadi benjolan berbahaya di bawah ketiak. Hal ini paling sering terjadi pada remaja wanita, karena saking care nya terhadap penampilan.

  • Penggunaan Antiperspirant

Antiperspirant atau deodorant ternyata bisa berbahaya karena berpotensi menyebabkan benjolan di ketiak. Umumnya, hal ini hanya karena reaksi dengan salah satu bahan kimia pada merek tertentu. Oleh karena itu, jika Anda mengalami benjolan di ketiak setelah memakai merek tertentu tinggal ganti aja dengan merek lain sampai menemukan yang cocok, atau tidak memakai sama sekali.

Oleh karena itu cermati gejala-gejala berikut, jika ada segera periksakan ke dokter:

  1. Gangguang kesadaran
  2. Benjolan Keras dan terasa sangat menyakitkan, menggambarkan adanya peradangan yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri
  3. Demam di atas 38 C, salah satu tanda bahwa sedang terjadi infeksi yang meluas
  4. Terjadi kejang
  5. Benjolan nyeri dan kemerahan
  6. Sesak napas atau kesulitan bernapas

Jika masih bingung dan penasaran apa penyebabnya benjolan di ketiak segeralah lakukan konsultasi dengan Dokter . Pemeriksaan fisik oleh dokter saja sudah dapat memastikan penyebab benjolan tersebut. Namun, jika masih belum jelas dokter mungkin akan menganjurkan pemeriksaan penunjang, termasuk :

  1. Hitung darah lengkap untuk mengukur jumlah sel darah merah dan putih
  2. Rongsen atau X – ray dada atau payudara (mammogram)
  3. Biopsi (mengambil sepotong kecil jaringan dari benjolan untuk di uji di lab.)
  4. Tes alergi

Nah itulah sekilas mengenai benjolan di ketiak  yang menjadi sesuatu yang di takutkan oleh sebagian orang ,semoga bermanfaat .selamat beraktivitas kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s